top of page
Search
  • Writer's pictureAgy Belthan Davara

[Tugas] Ilmu Sosial Dasar I

Updated: Nov 24, 2018

Nama : Agy Belthan Davara

NPM : 50418319

Kelas : 1IA04


1. Tulisakan riang lingkup dari Teknik Informatika ?

Jawab : Ruang lingkup pembahasan meliputi faktor-faktor yang berhubungan dengan perancangan danperangcangan Jurusan Teknik Informatika dan komputer dengan pembahasan diarahkan pada permasalahan yang berorientasi pada disiplin ilmu arsitektur. Pembahasan dari luar bidang tersebut dimaksudkan untuk mempertajam dan melengkapi pembahasan utama.


2. Berikan pengertian ilmu sosial dasar berdasarkan 5 tokoh !

Jawab :

1. William dan Warren, Ilmu sosial adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan menghasilkan organisasi sosial.

2. Enda M.C. , Ilmu sosial dasar adalah cara bagaimana para individu saling berhubungan

3. Peter Herman, Ilmu sosial dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai sesuatu perbedaan, namun tetap merupakan bagai satu kesatuan

4. Paul Ernest, Ilmu sosial adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu. karena, mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama

5. Keith Jacobs, Ilmu sosial dasar adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

Pendapat : Suatu interakhi antara individu yang berhubungan dengan individu lain, menghasilkan suatu organisasi sosial atau uatu kelompok, dan melakukan suatu kegiatan bersama.


3. Jelaskan ruang lingkup ilmu sosial dasar

Jawab :

1. Ada berbagai aspek pada kenyataan yang merupakan suatu maslaah sosial. Biasanya masalah sosial dapat ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda- beda oleh bidang-bidang pengetahuan keahlian yang berbeda beda pula, baik sebagai pendekatan tersendiri, maupun gabungan (antar bidang)

2. Adanya berbagai golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakatyang masing- masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta polapola pemikiran dan pola- pola tingkah laku sendiri. Tetapi memiliki banyak persamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran dan tingkah laku yang menyebabkan adanya pertentangan maupun hubungan setidak kawan dan ketidak bersama dalam masyarakat itu.


4. Jelaskan kaitan Ilmu Sosial Dasar dengan disiplin ilmu lain !

Jawab :

Dengan bidang Geografi : Hubungan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan sekitar. Ilmu sosial dasar juga berkaitan dengan bidang geografi yang akhirnya saling membangun kebergantungan, yaitu :

Manusia-lingkungan : Manusia membutuhkan adanya makanan dari adanya lingkungan.

Lingkungan-Manusia : Perlunya manusia agar lingkungan terjaga

16 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page