top of page
Search
  • Writer's pictureAgy Belthan Davara

Profil Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang Bisnis Informatika

Nama : Agy Belthan Davara

Kelas : 4IA08

NPM : 50418319


Penjelasan Bisnis Informatika


Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet. Tidak dapat dipungkiri, Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Intenet sudah mengalami pergeseran di dalam kebutuhan masyarakat. Dahulunya, internet merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan internet sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer.


Profil Perusahaan

Nama Perusahaan : Shopee

Tahun Berdiri : 5 Februari 2015

Alamat Perusahaan : Wisma 77 Tower 2 Lantai 11, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 77 Slipi, Palmerah. Jakarta Barat, 11410

Telepon : (021) 8064 7100

Email : support@shopee.co.id

Facebook : https://www.facebook.com/ShopeeID/

Twitter : https://twitter.com/shopeeid

Instagram : https://www.instagram.com/shopee_id/


PT. Shopee merupakan perusahaan yang bergerak dibidang website dan aplikasi e-commerce secara online. Shopee merupakan e-commerce yang menawarkan berbagai produk barang yang ditawarkan seperti pakaian wanita, pakaian pria, barang elektronik, alat rumah tangga dan kebutuhan olahraga. Shopee ingin mendukung pertumbuhan e-commerce di Indonesia, diluncurkan pada awal 2016 dan memiliki Kantor pusat yang berada di Jakarta.


Visi Shopee “Menjadi mobile marketplace nomor 1 di indonesia”

Misi Shopee “Mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi para penjual di Indonesia


Skala Usaha

Shopee termasuk e-commerce yang sangat diminati untuk melakukan belanja online di indonesia. Shopee merupakan e-commerce internasional, selain di Indonesia Shopee memiliki beberapa store selain di Indonesia yaitu di Singapore, Thailand, dan Vietnam


Perkembangan Usaha

Shopee merupakan e-commerce international yang pertama kali muncul pada awal tahun 2015 di singapore sebagai mobile marketplace pertama di Asia Tenggara. Dengan kemajuan zaman yang begitu cepat, shopee membuka store di Thailand, Vietnam dan Malaysia untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup pria dan wanita Asia Tenggara. Setelah itu, pada awal tahun 2016 Shopee memasuki wilayah Indonesia dengan membuka store di Indonesia untuk memenuhi gaya hidup pria dan wanita di Indonesia yang beraneka ragam. Shopee juga hadir sebagai wadah bagi para penjual yang menjual seluruh kebutuhan pria dan wanita serta memudahkan pria dan wanita di Indonesia untuk mengikuti gaya hidup dengan menggunakan produk yang ada di Shopee. Shopee hingga saat ini masih menjadi mobile marketplace yang pertama di Indonesia yang menawarkan kemudahan untuk melakukan jual beli langsung pada forum jual beli online shopee di Indonesia.


Produk

Shopee menawarkan berbagai macam kebutuhan pria dan wanita yang menyesuaikan gaya hidup di Indonesia, Sesuatu yang menarik dari Shopee adalah barang yang ditawarkan merupakan barang yang sedang trendy pada saat ini sehingga produk yang ditawarkan pada shopee terus mengikuti kebutuhan gaya hidup pria dan wanita yang semakin modern. Barang yang ditawarkan oleh Shopee berbagai macam seperti pakaian wanita, pakaian pria, barang elektronik, alat rumah tangga, dan kebutuhan olahraga.


Layanan

Shopee memberikan layanan baik kepada para penjual dan pelanggan. Para penjual dimudahkan untuk menawarkan barang yang diproduksi untuk dipasarkan kepada konsumen dengan klasifikasi barang yang sederhana seperti pakaian wanita dan pakaian pria. Shopee juga memudahkan para pelanggannya dengan pengiriman barang menggunakan JNE sehingga pelanggan dapat memantau proses barang yang dibelinya dari proses pembelian, pembayaran, pengiriman serta pelanggan diberikan fasilitas untuk berinteraksi langsung dengan penjual melalui jendela obrolan yang ada di dalam website Shopee tersebut.


Saat ini, masyarakat Indonesia sudah banyak menggunakan teknologi informasi yang berbasis internet untuk memenuhi kebutuhannya. Perkembangan teknologi internet ini telah memberikan dampak positif bagi Indonesia dimana layanan internet sudah banyak dilakukan oleh individu, perusahaan, instansi pemerintahan maupun swasta (miung, 2015).


Menggunakan internet bagi masyarakan Indonesia sudah menjadi hal yang menyatu dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi biaya untuk mengakses internet relatif murah, didukung pula dengan semakin murahnya harga ponsel pintar di Indonesia yang dijadikan sebagai penunjang kegiatan tersebut, hal tersebut, berdampak pula pada bertambahnya pengguna internet di Indonesia (Sumber:https://www.emarketer.com/, 2015).


Peningkatan penggunaan internet dapat dilihat melalui data jumlah pengguna internet di Indonesia

Proyeksi Pengguna Internet di Indonesia

Sumber:https://www.apjii.or.id/ diakses 10 oktober 2016


Berdasarkan Gambar 1.1 jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data asosiasi penyelenggara jasa internet di Indonesia(APJII) pada tahun 2011 pengguna internet mengalami kenaikkan drastis sebanyak 55 juta pengguna, dibandingkan tahun 2010 yang hanya mencapai 42 juta pengguna. Pada tahun-tahun berikutnya jumlah pengguna internet terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga pada tahun 2017. Pada tahun 2017 APJII telah memperkirakan bahwa pengguna internet di Indonesia akan mencapai 112,6 juta pengguna.


E-commerce yang diluncurkan pada 2015 di Singapura ini sudah menjangkau banyak negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sumber : https://katadata.co.id/sortatobing/digital/60d3f80fb96b1/shopee-express-4-pilihan-layanan-kirim-paket-shopee-cepat-dan-aman#:~:text=Salah%20satu%20tempat%20belanja%20online,di%20seluruh%20dunia%2C%20termasuk%20Indonesia.



e-commerce dengan jumlah karyawan terbanyak kuartal III-2019 ditempati oleh Shopee yang memiliki 3.225 karyawan. Angka ini naik 6,89% dari kuartal II 2019 yang sebanyak 3.017 karyawan.


Perusahaan teknologi asal Singapura, Sea Group memperkirakan pendapatan lini bisnis e-commerce yakni Shopee meningkat dua kali lipat pada tahun ini. Pasar utamanya yaitu Indonesia. Pendapatan Shopee diprediksi US$ 4,5 miliar-US$ 4,7 miliar atau sekitar Rp 64,5 triliun-Rp 67,3 triliun pada 2021. "Diproyeksi tumbuh 112,3% secara tahunan (year on year/yoy),” demikian isi laporan kinerja Sea Group pada kuartal IV 2020, dikutip dari Tech In Asia, Kamis (4/3). Sepanjang tahun lalu, pendapatan Shopee meningkat 159,8% yoy menjadi US$ 2,2 miliar (Rp 31,5 triliun). Jika dihitung dengan insentif penjualan bersih, maka nilainya mencapai US$ 2,5 miliar (Rp 35,8 triliun).


Nilai transaksi bruto alias gross merchandise value (GMV) meningkat 101,1% yoy menjadi US$ 35,4 miliar atau Rp 507,1 triliun sepanjang tahun lalu. Khusus pada kuartal IV 2020 nilainya US$ 11,9 miliar atau Rp 170,5 triliun. Berdasarkan data iPrice, Shopee menduduki peringkat pertama di Indonesia dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan. Rinciannya dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:



Shopee juga unggul di Asia Tenggara, mengalahkan Lazada. Angkanya dapat dilihat pada Databooks berikut :



6 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page