top of page
Search
  • Writer's pictureAgy Belthan Davara

Pengaplikasian Pemodelan Design Grafis


Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata, yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti sbb :

  1. Desain : Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.

  2. Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.

  3. Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.

Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.


Faktor-faktor apa yang menjadi dasar penggunaan komunikasi visual dalam kehidupan sehari-hari


  • Komunikasi Visual sebagai sarana identifikasi

Seseorang dapat mengatakan siapa orang itu atau dari mana asalnya, demikian juga dengan suatu benda atau produk. jika mempunyai identitas akan dapat mencerminkan kualitas produk itu dan mudah dikenali, baik oleh produsennya maupun konsumennya. sebagai contoh kita akan lebih mudah membeli minyak goreng dengan menyebutkan merk X ukuran Y liter daripada hanya mengatakan membeli minyak goreng saja.

  • Komunikasi visual sebagai sarana informasi dan instruksi

Sebagai sarana informasi dan instruksi, komunikasi visual menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal lain dalam petunjuk, arah, posisi dan skala. contohnya peta, diagram, simbol dan penunjuk arah. informasi akan berguna apabila dikomunikasikan kepada orang yang tepat, pada waktu dan tempat yang tepat. simbol - simbol yang kita jumpai sehari - hari seperti tanda rambu lalu lintas, simbol di tempat - tempat umum seperti toilet, telepon umum dan lain lain yang bersifat informatif dan komunikatif.

  • Komunikasi visual sebagai sarana presentasi dan promosi

Untuk menyampaikan pesan, mendapatkan perhatian (atensi) dari mata (secara visual) dan membuat pesan tersebut dapat diingat. contoh nya adalah poster, penggunaan gambar dan kata - kata yang diperlukan sangat sedikit, tetapi mempunyai satu makna dan mengesankan.


Pengaplikasian desain pemodelan grafik dalam bidang pendidikan

Desain pemodelan grafik dalam bidang pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.


Salah satu contoh pengaplikasian desain pemodelan grafik pada bidang Pendidikan yaitu penggunaan dalam software presentasi yang biasa digunakan dosen atau mahasiswa dalam presentasinya, seperti contohnya powerpoint atau software presentasi lainnya.


Keuntungan dan kerugian digunakannya model komunikasi visual


Dengan digunakannya model komunikasi visual pekerjaan kita menjadi lebih terstruktur dan rapih. kita bisa menentukan topik apa yang akan digunakan lalu survey dan analisis dampak desain terhadap pemirsa dan juga pekerjaan bisa menjadi lebih cepat karena berbentuk digital.. kerugian yang dialami ketika tidak menggunakan model komunikasi visual adalah pekerjaan menjadi lebih berat dan lama.


5 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page